Blogger Jateng

Keutamaan Puasa Tasua dan Puasa Asyura 10 Muharram Beserta Niatnya Lengkap Arab, Latin

Gambar : Pixabay.com/Mohamed_hassan

Bulan Muharram adalah bulan yang sangat agung, dan mulia dalam agama islam. Bulan Muharram termasuk ke dalam 4 Bulan Haram (Mulia). Sebagaimana yang telah Allah SWT firmankan di dalam Al Qur'an Surat At Taubah Ayat 36 :

"Allah telah menetapkan bahwa dalam setahun ada dua belas bulan, demikian Allah telah tetapkan pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, dan diantara dua belas bulan itu terdapat empat bulan yang haram (mulia). Demikianlah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian di dalam bulan yang empat itu." (QS. At Taubah: 36)

Empat bulan yang dimaksud dalam ayat di atasi, dijelaskan di dalam riwayat hadis yang bersumber dari sahabat  Abu Bakroh ra, bahwa Nabi Muhammad bersabda :

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ  السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا  مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ  ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ  وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَان

“Waktu terus menerus telah berputar sebagaimana keadaannya dari mulai waktut Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam Setahun itu terdapat dua belas bulan. Diantara dua belas bulan itu ada empat bulan yang haram (suci). Adapan empat bulan yang dmaksud itu adalah Tiga bulan yang berurutan yaitu bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Satu bulan lagi yang menyendiri yaitu bulan Rajab yang terdapat  diantara bulan Jumadal akhir dan bulan Sya’ban.” (HR.Imam  Bukhari).

Salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan muharram yang mulia ini adalah berpuasa sunnah. Dan salah satu bagian dari puasa sunnah pada bulan muharram adalah puasa tasua dan puasa asyura. Puasa tasua di lakukan di hari tanggal 9 pada bulan muharram. Sedangkan puasa asyura dilakukan di hari tanggal 10 pada bulan muharram. Puasa sunnah tasua pada tahun2023 ini dilakukan pada hari kamis tanggal 27 juli 2023. sedangkan puasa asyura dilaksanakan pada hari jumat tanggal 28 juli 2023.

Keutamaan Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura

Keutamaan dan fadhilah puasa sunnah tasua dan puasa sunnah asyura ini, sangatlah luar biasa. Secara umum, keutamaan puasa di bulan muharram, dijelaskan dalam riwayat hadis berikut :

Rasulullah Saw bersabda :

اَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

“Puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain yang bersumber dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah pernah bersabda :

مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا

Rasulullah Saw bersabda: orang yang berpuasa satu hari di bulan Muharram maka baginya pahala seperti 30 hari berpuasa.” (HR at-Thabarani).

Secara khusus keutamaan puasa di hari tanggal 10 Muharram dijelaskan dalam riwayat dari Abu Qatadah ra

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيامِ يَوْمِ عَاشُوراءَ فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةَ

Artinya: “Sesungguhnya Rasulullah saw pernah ditanya mengenai keutamaan berpuasa pada hari Asyura, lalu beliau menjawab: “Puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun yang telah lewat.” (HR Muslim).

Mengenai puasa tasua tanggal 9 Muharram, terdapat riwayat hadis berikut :

“Bahwa Ibnu Abbas ra meriwayatkan bahwa dengan status hadits yang tersebut marfu bahwa Rasulullah bersabda:"Puasalah di hari Asyura dan selisihilah kaum Yahudi, dengan berpuasa juga pada hari sebelumnya (9 Muharram) atau sesudahnya (11 Muharram)." (HR Imam Ahmad)

Hadi –hadis diatas sudah cukup menjelaskan betapa mulia dan agungnya berpuasa di hari tanggal 9 – 10 pada bulan Muharram.

Niat puasa tasua dan asyura

bagi yang ingin melaksanakan puasa tasua dan puasa asyura di bulan Muharram ini, berikut niat puasa tasua dan puasa asyura lengkap teks arab latin dan terjemahannya.

1. Niat puasa tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Tasuu‘a  lillaahi ta‘aalaa.

Artinya, “Saya niat puasa sunnah pada hari tasu’a besok karena Allah.”

2. Niat puasa asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma aasyuuraa’ lillaahi ta‘aalaa.

Artinya, “Saya niat puasa sunnah pada hari asyura besok karena Allah.”

Cara pelaksanaan puasa sunnah tasua dan puasa asyura sama dengan cara pelaksanaan puasa pada bulan ramadhan. Baik itu syarat sah puasa, rukun puasa, maupun hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Demikian Keutamaan Puasa Tasua dan Puasa Asyura 10 Muharram Beserta Niatnya Lengkap Arab, Latin. Semoga apa yang kami sajikan kali ini dapat membawa manfaat dan berkah untuk kita semua Aamiin ya Allah, ya rabbal aalamiin. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Puasa Tasua dan Puasa Asyura 10 Muharram Beserta Niatnya Lengkap Arab, Latin"